Friday, July 1, 2016

Cara Mudah Mengatasi HP Android Bootlop Atau Mati Total

Cara Mudah Mengatasi HP Android Bootlop Atau Mati Total -  Bootloop merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada perangkat Android. Masalah ini bisa disebabkan karena sistem Android yang error, atau juga karena ada file sistem yang hilang. Akibatnya perangkat Android akan berhenti pada logo atau tidak bisa masuk ke menu utama saat dinyalakan.

Cara Mudah Mengatasi HP Android Bootlop Atau Mati Total
Cara Mudah Mengatasi HP Android Bootlop Atau Mati Total


Penyebab bootloop ini bisa bermacam-macam. Yang paling sering karena malware yang menyerang sistem. Selain itu bootloop bisa terjadi karena kita tidak sengaja menghapus file sistem Android (walaupun sangat jarang saya temukan). Sebenarnya cara untuk mengatasi masalah bootloop ini cukup mudah. Namun pertama-tama anda harus mengetahui seberapa parah bootloopnya dan apa yang menyebabkan perangkat Android anda mengalami bootloop. Saya sendiri pernah mengalami bootloop karena malware setelah saya me-ROOT Hp saya.

Ada 3 jenis bootloop yang kita kenal saat ini, yaitu :

  1. Light Bootloop
    yaitu Bootloop ringan yang dapat diatasi dengan cara mencabut baterai HP dan diamkan beberapa saat. Dan Bootloop ini sangat jarang terjadi karena biasanya bootloop ini terjadi karena memodifikasi file sistem.
  2. Medium Bootloop
    Jenis ini yang paling sering dijumpai termaksud yang terjadi di kasus saya :v . Cara memperbaikinya sangat mudah bisa melakukan WIPE data dari Factory Mode atau dengan melakukan restore back up CWM atau bisa menggunakan odin di PC.
  3. Hard Bootloop
    Ini adalah jenis Bootloop yang paling susah untuk diatasi karena untuk masuk ke Recovery Mode saja tidak bisa. Solusinya jika terjadi bootloop ini adalah melakukan flash menggunakan PC Odin atau perangkat seperti tool box atau recovery box.

Oke Jika kalian bahkan tidak bisa masuk ke mode recovery. Kalian Dapat melakukan flashing. Apabila kalian menggunakan hp Android merk Samsung, proses flashing cukup mudah yaitu dengan menggunakan Odin atau Kies di Laptop. Pertama kalian download terlebih firmware untuk Android kalian dari sammobile.com selanjutnya proses flashing bisa dilakukan menggunakan Odin.
Berbeda bila kalian menggunakan Android merk LG diminta kalian bisa melakukan install ulang Android untuk mengatasi bootloop menggunakan LG Flash Tool, dengan menggunakan firmware dalam bentuk file KDZ. Dengan melakukan proses flash Android menggunakan file KDZ kalian bisa dengan mudah mengatasi boot loop Android.
Lalu bagaimana dengan Android merk lain? untuk ponsel Sony bisa menggunakan Sony PC Companion yang bisa mengatasi masalah restart di logo Android dengan mudah dan cepat, pengguna Android berbasis MTK bisa menggunakan Android Multitool yang akan membantu proses restore Android ke setelan pabrik menggunakan firmware resmi.

Nah itulah cara mengatasi Bootloop. Kalian mungkin bertanya kenapa tidak ada tutorial dalam flashing. Oke, tutorial flashing tidak saya buat karena itu tidak saya anjurkan karena proses nya yang cukup ribet. Tetapi jika kalian masih tidak paham, bisa dicari di google cara flashing atau nunggu saya update artikel tentang cara flash android minggu depan :V

Baca juga  7 Hp Android Terbaik Untuk Game HD 

12 comments:

  1. kalo android nya belum pernah di root apa ada kemungkinan terjadi bootlop masbro ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja gan . ketika android di hubungkan ke komputer bisa aja ada virus yang masuk :v
      atau tanpa sengaja agan menghapus file sistem.

      Delete
  2. Wah semoga bisa buat ho ane gan ;-(

    ReplyDelete
  3. berguna ini gan buat opreker, nice post

    ReplyDelete
  4. gampang juga ya, kemarin hp saya bootloop saya instal ulang aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bagus gitu kan. pengalaman ane, Bootloop lebih baik jangan di install ulang. karena jika di install ulang biasanya ada virus yang masuk dari komputer ke android kita hihi
      #CMIIW

      Delete
  5. oke lengkap sekali tutornya, ijin sedot

    ReplyDelete
  6. Untuk HP China sama semua kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut pengalaman saya Semua HP china biasanya sama semua gan. tekan tombol power sama volume atas dan bawah. ada juga yang cuman tombol power sama vol atas atau vol bawah.

      Delete
  7. Ditunggu tutorial Flashing android nya gan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan ditunggu agak lama mungkin untuk ane update tuh tutorial :v

      Delete
  8. Hp ane pernah bootlopp, ijin nyimak

    ReplyDelete

Contact Me

Name

Email *

Message *

@Way2themes

Follow Me