Sunday, July 3, 2016

Sistem Operasi Buatan Anak Indonesia Terbaik Dan Membanggakan

Sistem Operasi Buatan Anak Indonesia Terbaik Dan Membanggakan - Sistem Operasi (Operating System)  adalah komponen pengolah piranti lunak dasar tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer , dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.

Setelah saya membahas mengenai Cara Mudah Mengatasi Bootloop, Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai 5 Sistem Operasi Buatan Anak Indonesia. Walaupun hanya mengembangkan beberapa Os, tetapi hal ini dapat kita banggakan sebagai warga indonesia.

1 .) BlankOn OS

 
5 Sistem Operasi Buatan Anak Indonesia
5 Sistem Operasi Buatan Anak Indonesia
BlankOn Os merupakan distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn. Distribusi ini dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.Proyek BlankOn mempersembahkan rilis ke-9 dengan nama kode Suroboyo. Versi terbaru kali ini dengan dukungan perangkat keras lebih banyak dan terbaru sehingga pengguna tidak perlu repot memasang penggerak (driver) untuk perangkat kerasnya. Rilis ini juga terdapat penambahan fitur serta aplikasi baru di dalamnya dengan harapan para pengguna bisa lebih mudah dalam menggunakannya. Click untuk melihat lengkapnya

2.) IGOS Nusantara (IGN)

5 Sistem Operasi Buatan Anak Indonesia
5 Sistem Operasi Buatan Anak Indonesia
IGOS Nusantara disingkat IGN merupakan sistem operasi dengan perangkat lunak legal, handal dan tanpa membayar lisensi untuk pengguna di Indonesia. IGOS Nusantara dibuat oleh Pusat Penelitian Informatika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia bersama dengan komunitas. IGOS Nusantara secara konsisten dikembangkan sejak tahun 2006. Setiap tahun dikeluarkan versi baru. Versi pertama dirilis tahun 2006 memakai nama IGN 2006 (R1), lalu IGN 2007 (R2), IGN 2008 (R3), IGN 2009 (R4), IGN 2010  (R5) dan IGN 2011 (R6). Mulai rilis ketujuh atau R7, IGOS Nusantara tidak memakai kode tahun. Tahun 2012 tersedia rilis delapan atau IGN R8.0. Dan Pada tanggal 27 february mereka meluncurkan versi terbarunyanya yaitu IGN 11.1. Click untuk melihat lengkapnya

3.)  Kuliax OS

5 Sistem Operasi Buatan Anak Indonesia
5 Sistem Operasi Buatan Anak Indonesia
Kuliax yaitu sebuah distribusi GNU/Linux destop untuk keperluan pembelajaran, penelitian, dan pengembangan di kampus/pendidikan tinggi. Kuliax sendiri berusaha menyediakan perangkat lunak sistem teroptimasi, dan aplikasi yang umum digunakan di lingkungan kampus, terlebih pada bidang-bidang yang banyak menggunakan komputer sebagai alat bantu/penunjang, atau bahkan sebagai intinya. Kuliax dikembangkan oleh Proyek Kuliax yang sebenarnya mempunyai misi lebih luas dari sekadar mengembangkan distribusi GNU/Linux. Lihat Versi Os Kuliax

4.) DewaLinux OS

 
5 Sistem Operasi Buatan Anak Indonesia
5 Sistem Operasi Buatan Anak Indonesia
DewaLinux adalah distro turunan dari ubuntu yang di desain sangat mirip dengan Windows, bahkan untuk desktopnya saya jamin jauh lebih keren daripada Windows!. DewaLinux menggunakan basis Ubuntu 9.04 codename Jaunty Jackalope. Versi terakhir rilis DewaLinux bernama DewaLinux Papuma, didesain seperti Windows 7 dan aplikasi-aplikasi bawaannya yang sangat powerfull. Distro ini merupakan distro yang dibuat oleh anak-anak Jember. Click Untuk informasi lebih lengkap

5.) Garuda OS

5 Sistem Operasi Buatan Anak Indonesia
GARUDA OS adalah sistem operasi  legal berbasis sistem terbuka (Open Source) kreasi dari pengembang lokal. GARUDA OS menggunakan desktop modern yang menawan dan sangat mudah dipergunakan, bahkan oleh para pengguna yang sudah terbiasa dengan Windows.GARUDA OS mendukung penggunaan dokumen format SNI (Standar Nasional Indonesia). GARUDA OS juga sangat aman dari gangguan virus komputer, stabilitasnya tinggi, disertai dukungan bahasa Indonesia dan dilengkapi dengan banyak program dari berbagai macam kategori.GARUDA OS bisa diperoleh secara bebas tanpa harus mengeluarkan biaya untuk pembelian lisensi, namun tetap mengutamakan kualitas. Click Untuk Info Lebih Lanjut 
 
Nah Itulah 5 Sistem Operasi Buatan Anak Indonesia. Menurut Pengalaman saya pribadi, saya hanya pernah mencoba BlankOn dan juga Garuda Os. Dan menurut saya penggunaannya cukup mudah dan nyaman.

21 comments:

  1. keren-keren gan, semoga kedepannya bisa ngunggulin windows

    ReplyDelete
  2. jadi inget dulu pernah ada tugas remastering OS ... saya malah pas keluar kota :( maaf curhat

    ReplyDelete
  3. saya belum nyaboa sala satu os indo :(

    ReplyDelete
  4. Belom nyoba os besuta anak indonesia

    ReplyDelete
  5. Ternyata anak indonesia juga bisa, dulu pengen banget buat OS sendiri. Tapi masih bingung harus mulai darimana, berkat artikel yang agan posting sangat menginspirasi bagi saya.

    Tapi, saya baru tau kalau ada OS buatan Indonesia :( Apa tidak di share dan di perjual belikan? Artikelnya sangat berguna gan, terimakasih. Mau coba coba juga pake osnya nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari 5 OS diatas kebanyak tidak dijual gan. alias bisa di download file iso nya secar gratis 8-)

      Delete
  6. keren!! ternyata indonesia hebat juga. tapi nama OS nya kurang enak didenger buat pasar international.

    ReplyDelete
  7. wah manteb nih osnya :D jadi pengen nyoba

    ReplyDelete
  8. Loh kok Grombyang OS gak masuk sih min ? padahal bagus itu, masih di support sama developer nya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya 5 list diatas hanya yang saya kenal saja :V
      dan saya jugak tahu Grombyang Os tapi tidak saya masukkan karena saya tidak ada pengalaman di os tersebut :v

      Delete
    2. Berarti yang ke-5 diatas itu mimin udah coba yah ? mantap min, cobain juga lah grombyang OS, wait ane jga belum nyoba grombyang OS sih :v

      Delete
    3. Garuda OS yang pertama saya coba. karena namanya yang langsung merujuk ke indonesia :V

      Delete
  9. Nice Info gan ane cuma taunya balnkON

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadooo bgst petrik ane juga tau blankon aihihihihi

      Delete
  10. keren om, ini linux semua ya ?

    ReplyDelete
  11. Keren keren ya buatan anak indonesia. tapi gan, apa cuman ini OS butan anak indonesia ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih banyak lagi gan. salah satunya Grombyang OS .
      saya cuma buat 5 karena saya cuma pernah cobak 5 Os diatas

      Delete

Contact Me

Name

Email *

Message *

@Way2themes

Follow Me